Lihat berita dan auto tips yang lain

Benarkah Mobil FWD Cenderung Lebih Sulit Menanjak?

Alasan Ukuran Ban Depan dan Belakang pada Motor Berbeda

Ketika sedang berkendara di jalanan yang menanjak Anda akan dihadapi dengan asumsi bahwa kendaraan Anda akan kewalahan untuk menerjang tanjakan yang lumayan terjal. Hal ini cenderung akan dialami oleh kendaraan dengan penggerak roda depan atau front wheel drive (FWD). Mengapa hal ini bisa terjadi?

FWD adalah jenis mobil dengan penggerak 2 roda bagian depan saja. Hal ini terjadi karena tenaga dari mesin hanya ditransmisikan ke bagian roda depan kendaraan saja. FWD saat ini sudah banyak diaplikasikan oleh berbagai pabrikan otomotif karena dianggap lebih efisien. Keunggulan dari FWD adalah lebih efisien dalam penyaluran tenaga, lebih ringan karena terdiri dari komponen yang lebih sedikit serta lebih hemat bahan bakar. Tetapi di sisi lain mobil penggerak roda depan juga memiliki kekurangan terutama dari segi traksi atau gaya cengkram ban pada aspal apabila kendaraan dalam posisi menanjak.

Ketika mobil dengan penggerak roda depan melaju di tanjakan, maka akan ada pengaruh dari gaya gravitasi bumi, yang mana akan terjadi perpindahan distribusi berat kendaraan ke arah belakang kendaraan. Hal ini menyebabkan tumpuan beban akan berada di bagian belakang sehingga menyebabkan roda depan yang menjadi penggerak utama akan menjadi lebih ringan. Gaya cengkram atau traksi yang didapat oleh roda belakang akan menjadi lebih besar sedangkan traksi untuk roda depan menjadi berkurang. Kondisi inilah yang menyebabkan mobil FWD kehilangan traksi di roda depan sehingga akan terjadi selip (wheel spin). Hal ini yang menjadi faktor penyebab mobil FWD tidak lebih baik dalam hal menanjak dibandingkan dengan mobil penggerak roda belakang atau real wheel drive (RWD).

Untuk mengatasi masalah ini diperlukan skill dari pengemudi untuk mengendalikan kendaraan ketika melaju di tanjakan. Misalkan seperti mengambil ancang-ancang dari jauh sebelum Anda melintasi jalanan menanjak. Hal ini untuk mendapatkan torsi yang maksimal pada rpm tinggi. Ketika sedang melintasi tikungan menanjak selalu jaga jarak mobil Anda dengan mobil di depan Anda agar tidak berhenti di tikungan. Pergerakan yang dilakukan oleh mobil akan menghasilkan momentum. Momentum ini yang dapat membuat bobot kendaraan dan beban mesin menjadi lebih ringan. Hal inilah yang dapat membantu Anda dalam menghadapi jalanan menanjak dengan mobil FWD.


Lihat berita dan auto tips yang lain