Lihat berita dan auto tips yang lain

Gejala dan Penyebab Kampas Ganda Motor Matic Aus

Kampas Rem

Penggunaan motor matic saat ini mengalami peningkatan karena dianggap lebih nyaman dengan pengoperasiannya yang mudah dan sederhana. Pengendara tidak perlu mengoper gigi atau memainkan tuas kopling untuk memindahkan gigi seperti yang dilakukan pada motor dengan transmisi manual. Motor dengan transmisi matic yang sering dijumpai adalah motor yang menggunakan transmisi jenis CVT.

Pada motor matic terdapat komponen penting pada sistem transmisi, yaitu kampas ganda. Kampas ganda berfungsi untuk menahan dan menekan mangkok kopling, sehingga tenaga mesin bisa diteruskan ke roda belakang. Ketika beroperasi, kampas ganda akan menyalurkan dan memutus aliran tenaga mesin dari CVT ke puli belakang. Semakin tinggi putaran mesin (RPM), maka gaya sentrifugal pada kampas ganda juga semakin meningkat dan kemudian kampas ganda akan menekan mangkok kopling.

Apabila kondisi kampas ganda sudah aus maka akan menyebabkan proses transfer tenaga dari mesin ke roda belakang tidak bisa optimal. Hal ini bisa dirasakan ketika tuas gas sudah ditarik semaksimal mungkin namun tenaga yang dihasilkan tidak bisa maksimal. Terdapat beberapa gejala yang ditimbulkan dari kampas ganda yang sudah aus, diantaranya:

Gejala-gejala di atas dimana kondisi kampas ganda CVT motor matic yang sudah tidak ideal atau aus bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Beberapa penyebab umum dari kampas ganda sudah aus adalah:

Lihat berita dan auto tips yang lain