Lihat berita dan auto tips yang lain
Gejala dan Penyebab Kampas Ganda Motor Matic Aus
Penggunaan motor matic saat ini mengalami peningkatan karena dianggap lebih nyaman dengan pengoperasiannya yang mudah dan sederhana. Pengendara tidak perlu mengoper gigi atau memainkan tuas kopling untuk memindahkan gigi seperti yang dilakukan pada motor dengan transmisi manual. Motor dengan transmisi matic yang sering dijumpai adalah motor yang menggunakan transmisi jenis CVT.
Pada motor matic terdapat komponen penting pada sistem transmisi, yaitu kampas ganda. Kampas ganda berfungsi untuk menahan dan menekan mangkok kopling, sehingga tenaga mesin bisa diteruskan ke roda belakang. Ketika beroperasi, kampas ganda akan menyalurkan dan memutus aliran tenaga mesin dari CVT ke puli belakang. Semakin tinggi putaran mesin (RPM), maka gaya sentrifugal pada kampas ganda juga semakin meningkat dan kemudian kampas ganda akan menekan mangkok kopling.
Apabila kondisi kampas ganda sudah aus maka akan menyebabkan proses transfer tenaga dari mesin ke roda belakang tidak bisa optimal. Hal ini bisa dirasakan ketika tuas gas sudah ditarik semaksimal mungkin namun tenaga yang dihasilkan tidak bisa maksimal. Terdapat beberapa gejala yang ditimbulkan dari kampas ganda yang sudah aus, diantaranya:
- Getaran
Adanya getaran yang timbul dari kampas ganda dan mangkok kopling sehingga akan membuat putaran menjadi tidak seimbang. Getaran akan muncul apabila pengendara mulai berakselerasi.
- Suara Gesekan
Munculnya suara gesekan antar komponen ketika akselerasi atau mulai melaju pada putaran mesin bagian bawah merupakan gejala lain dari kampas ganda yang sudah aus. Gesekan antara kampas ganda dengan mangkok kopling yang menjadi penyebab suara gesekan tersebut muncul.
- Akselerasi Lebih Berat
Mesin menjadi tidak bertenaga ketika sedang akan berakselerasi. Dampaknya akan sangat terasa ketika Anda akan menyalip atau berkendara dijalanan menanjak. Hal ini disebabkan karena tenaga dari mesin tidak bisa ditransfer ke puli belakang dengan maksimal.
Gejala-gejala di atas dimana kondisi kampas ganda CVT motor matic yang sudah tidak ideal atau aus bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Beberapa penyebab umum dari kampas ganda sudah aus adalah:
- Usia Motor
Kondisi komponen pada semua sistem yang terdapat pada kendaraan tidaklah selalu ideal. Seiring waktu akan terjadi penurunan performa yang juga bisa terjadi di semua sistem kendaraan baik di mesin, suspensi, rem maupun transmisinya.
- Jarang Servis
Perawatan berkala merupakan suatu upaya dalam menjaga performa kendaraan. Servis tidak hanya difokuskan pada mesin kendaraan saja, tetapi sistem transmisi juga perlu dilakukan servis rutin. Motor yang jarang diservis juga dapat meningkatkan resiko masalah pada sistem CVT terutama dibagian kampas gandanya.
- Intensitas Pemakaian Kendaraan
Kampas ganda akan selalu bekerja dengan cara bergesekan pada saat kendaraan melaju. Gesekan yang terjadi ini dapat menyebabkan panas dan lama kelamaan akan berdampak pada ketebalan kampas ganda motor anda. Apabila kendaraan dipaksa beroperasi hingga berjam-jam maka akan menyebabkan kampas ganda cepat aus.
Lihat berita dan auto tips yang lain