Lihat berita dan auto tips yang lain

Pentingnya Diferensial Bagi Kendaraan

article288-1-diferensial

Ketika berkendara, roda bisa berputar karena tenaga yang dihasilkan dari mesin diteruskan ke roda melalui transmisi. Kemudian daya akan ditransfer ke roda melalui mekanisme diferensial. Diferensial merupakan bagian penting dari kendaraan roda empat untuk distribusi aliran daya ke roda. Roda menerima daya dari mesin melalui proses penggerak driveshaft yang terhubung dengan diferensial.

Fungsi utama diferensial adalah agar roda-roda pada kendaraan berputar pada rpm yang berbeda saat menerima daya dari mesin. Apabila roda kendaraan sedang berbelok, misalkan ketika berbelok ke kanan, maka roda sebelah kiri akan menempuh jarak yang lebih jauh dibandingkan dengan roda sebelah kanan. Hal ini menyebabkan roda sebelah kiri harus berputar pada kecepatan yang lebih tinggi. Jika kedua roda, yaitu roda kanan dan kiri terhubung dengan sebuah poros yang solid, maka roda harus selip agar kendaraan bisa berbelok, disinilah peran diferensial dibutuhkan. Mekanisme kerja dari diferensial inilah yang membuat roda kiri dan kanan berputar pada rpm yang berbeda bersamaan dengan proses pendistribusian daya ke masing-masing roda.

article288-2-diferensial

Prinsip kerja diferensial adalah ketika daya atau tenaga dari mesin ditransfer ke ring gear melalui pinion gear, ring gear terhubung ke gear spider yang merupakan bagian penting dari diferensial. Gear spider akan melakukan dua jenis rotasi, rotasi bersama ring gear atau rotasi terhadap porosnya sendiri, tergantung dari arah laju kendaraan. Gear spider disatukan dengan dua side gear (gear samping). Jadi, daya dari mesin akan mengalir dari pinion ke roda kiri dan kanan. Berikut ini adalah prinsip kerja diferensial dari masing-masing arah laju kendaraan.

Selain membuat roda berputar pada rpm yang berbeda, diferensial juga memiliki fungsi lain, yaitu mengurangi kecepatan pada rangkaian ring gear pinion dan memutar arah aliran daya hingga 90 derajat.


Lihat berita dan auto tips yang lain